Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik Contoh & Pengertian


Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik – Setidaknya ada lima unsur intrinsik dalam cerita cekak Bahasa Jawa. Apa sajakah kelima unsur tersebut dan bagaimana penerapannya? Mari kita bahas satu demi satu tentang artikel cerkak bahasa jawa beserta unsur intrinsik berikut ini.

Menulis Cerkak Bahasa Jawa Beserta Unsur Intrinsik
Menulis Cerkak Bahasa Jawa Beserta Unsur Intrinsik

1. Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik Tema Cerita

Tema adalah gagasan dasar dan umum yang ada dalam sebuah karya sastra. Tema hadir serta disaring dari motif-motif yang ada dalam sebuah cerita. Tema menjadi dasar Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik dan pengembangan seluruh cerita. Tema menjiwai seluruh bagian cerita tersebut.

2. Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik Alur Cerita

Adalah alur peristiwa yang saling menjalin berdasar urutan atau hubungan tertentu. Rangkaian peristiwa bisa terhubung atas dasar waktu, urutan kejadian atau hubungan sebab akibat. Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik alur cerita ini saling berkaitan baik itu lurus secara kasualitas hingga membentuk satu kesatuan utuh.

3. Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik Penokohan

Tokoh, watak, atau karakter adalah karakterisasi secara bergantian yang menunjukkan pengertian hampir sama. Dalam penokohan sekaligus dicakup masalah cerita yang kemudian bisa memberikan gambaran jelas pada pembaca. Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik penokohan menunjuk pada teknik perwujudan pengembangan tokoh.

4. Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik Latar

Dalam Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik latar ada tiga hal yakni latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Latar tempat mengacu pada lokasi terjadinya peristiwa, latar waktu mengacu pada masalah kapan peristiwa itu terjadi, dan latar sosial mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku sosial.

5. Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik Sudut Pandang

Dan Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik terakhir adalah sudut pandang. Adalah strategi dan teknik atau siasat yang dipilih pengarang atau pencipta cerita dalam mengemukakan ide ceritanya. Sudut pandang ini dialirkan pada sejumlah tokoh atau watak dan karakter dalam cerita itu.

Demikian informasi terkait cerita cekak Bahasa Jawa lan unsur intrinsik. Jika berkenan, silakan berbagi dengan teman FB atau Twitter kamu lewat tombol share di bawah ini. Siapa tahu mereka membutuhkan pula artikel tentang Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cerkak Bahasa Jawa Lan Unsur Intrinsik Contoh & Pengertian