Contoh Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur


Cerkak Bahasa Jawa Alur MundurCerita cekak Bahasa Jawa ini memiliki ciri khas alur yang terbalik atau mundur. Bukan dari awal terus akhir namun sebaliknya, akhir baru ke awal. Bingung dengan masksud dari Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur?

Contoh Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur
Contoh Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur

Sederhananya, Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur memiliki karakteristik isi cerita yang mengisahkan sesuatu yang telah terjadi sebelumnya. Dengan kata lain, cerita yang ada di cerita cekak Bahasa Jawa itu merupakan sejarah yang pernah dilalui baik itu perorangan atau umum.

Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur adalah salah satu cerita cekak Bahasa Jawa yang banyak diciptakan oleh individu maupun umum yang biasanya dipakai untuk salah satu kelengkapan tugas Bahasa Daerah (Muatan Lokal). Bagaimana mendapatkan ide dan konsep Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur?

Tahapan Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur

Penggalan Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur memiliki klimaks di awal cerita yang merupakan jalinan rangkaian peristiwa dari masa lalu ke masa kini. Tahapannya: akhir – anti klimaks – klimaks – awal.

Contoh Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur

Lia cerito karo Ani pas pengalamane ing pasar. “Aku nguber maling sing nyolong dompet Bu Laksmi isuk mau ning pasar. Untunge aku iso nangkep maling iku juk balekno dompet Bu Laksmi. Aku iso ngono amargo delalah ning cedake Bu Laksmi pas dompete dicolong. Bu Lakmi crita yen kedadean kemalingan ito pas posisi copete ning mburine dekke,” crito Lia ke Ani.

Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur di atas bisa kita lihat jika memiliki alur terbalik yakni:
  • Akhir: Lia cerita kepada Ani tentang pengalamannya di pasar
  • Anti klimaks: Lia mengejar pencuri dompet Bu Laksmi
  • Klimaks: Lia berhasil menangkap pencuri dompet Bu Laksmi
  • Awal: Pencopet berada di belang Bu Laksmi saat ia sedang ke pasar
Tidak sulit bukan memahami cerita cekak Bahasa Jawa Alur Mundur bagaimana konsep dan ide ceritanya? Silakan sekarang kamu coba membuat satu cerita pendek seperti contoh di atas. Jangan lupa share ke FB dan Twitter siapa tahu ada teman kamu yang membutuhkan informasi sejenis tentang Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Cerkak Bahasa Jawa Alur Mundur